Entri yang Diunggulkan

Promo Grab Bike September 2019

Promo Grab Bike September 2019 Tak banyak orang yang akan mengira bahwa jasa ojek saat ini sudah sedemikian penting bagi sebagian orang ...

Sistem Kerja Grabbike, Sudah Tahu ?




Sistem Kerja Grabbike, Sudah Tahu ?
Ojek online sudah ada dimana-mana dan orang sudah mulai akrab dengan yang namanya ojek online.

Disebut sebagai ojek online karena sistem pesan untuk layanan ojek tersebut bisa dipesan lewat HP sehingga calon penumpang tak usah repot berjalan ke pangkalan ojek, bahkan ia akan dijemput oleh driver ojek online tersebut.

Grabbike adalah salah satu layanan ojek online yang hadir di Indonesia di tengah maraknya bisnis transportasi online yang sedang tren di Indonesia. 

sistem kerja grabbike, sistem kerja grab bike, cara kerja grabbike, cara kerja grab, alur kerja grab
sistem kerja Grabbike


Apabila anda tahu ojek online Gojek atau Uber Motor, maka Grabbike ini juga seperti keduanya.

Lalu bagaimana ya sistem kerja Grabbike ini, apakah memang sama dengan ojek online pada umumnya atau ada hal yang berbeda?

Untuk anda yang belum mengetahui tentang cara kerja Grabbike maka dibawah ini akan dijelaskan cara kerja Grabbike sehingga nantinya anda bisa memahami cara kerja Grabbike tersebut.



Sistem Kerja Grabbike
Agar dapat memperjelas gambaran tentang proses kerja di Grabbike maka ada baiknya anda mengenal beberapa proses yang terdapat dalam ojek online dibandingkan dengan ojek pangkalan yang sudah anda kenal sebelumnya.


Pemesanan Lewat Aplikasi Grab di Smartphone
Hal pertama yang membedakan ojek online Grabbike dan ojek konvensional adalah cara pemesanannya.

Jika untuk memesan ojek konvensional anda perlu mendatangi tempat mangkalnya ojek pangkalan, maka untuk pemesanan Grabbike anda bisa memesannya melalui aplikasi Grabbike yang telah disediakan oleh pihak Grab.

Anda harus memasang aplikasi tersebut di smartphone anda untuk kemudian melakukan pemesanan lewat aplikasi yang telah anda pasang tadi.

Anda cukup memasukan alamat penjemputan dan alamat tujuan pada kolom isian yang ada dalam aplikasi dan kemudian tekan tombol order.

Dengan demikian konsumen tak perlu berjalan ke pangkalan ojek, ia hanya cukup memesan lewat HP dan nanti driver Grabbike akan datang menjemput anda.

Selain dapat memesan dengan cara diatas, maka pihak Grab menyediakan fitur khusus yang disebut dengan GrabNow dimana konsumen bisa mencari driver Grabbike yang ada di dekatnya.

Apabila anda menggunakan Grabnow maka anda perlu mendekat ke driver yang anda inginkan dan jika driver tersebut bersedia menerima order lewat Grabnow maka anda cukup melakukan sinkronisasi dan jika berhasil maka order bisa dijalankan.

Silakan anda baca cara pesan Grabbike lewat aplikasi Grabnow dalam artikel panduan berikut.



Panduan : Inilah Cara Pesan Grabbike Dengan Grabnow



Grabnow cocok digunakan jika anda mau order dengan cepat dan di sekitar anda memang ada driver Grabbike yang sedang mangkal/nunggu order.



Informasi Biaya Perjalanan Diawal Pemesanan
Kelebihan lain yang diberikan saat akan menggunakan Grabbike adalah adanya informasi biaya perjalanan atau tarif yang nantinya harus anda bayar saat selesai menggunakan jasa Grabbike diawal pemesanan.

Jadi ketika anda sudah memasukan alamat penjemputan dan alamat tujuan (walaupun anda belum menekan tombol order) maka aplikasi akan menghitung biaya perjalanan anda sehingga anda bisa tahu dan memutuskan apakah jadi menggunakan ojek tersebut atau tidak. 

sistem kerja grabbike, sistem kerja grab bike, cara kerja grabbike, cara kerja grab, alur kerja grab
Deal harga diawal


Dalam sistem kerja Grabbike adanya fitur informasi biaya diawal inilah yang banyak disukai konsumen sebab konsumen sudah tahu biaya perjalanannya sehingga ia sudah bisa menyiapkan dananya dan jika nanti terjadi kemacetan pun harganya juga tetap tidak berubah.

Hal ini berbeda saat anda akan memesan ojek konvensional dimana biasanya anda harus menawar dan kadang dalam proses tawar-menawar inilah yang kemudian bisa menimbulkan rasa tak nyaman atau terpaksa karena tak ada pilihan lain.


Pembayaran Secara Tunai Atau Dengan GrabPay
Untuk pembayaran layanan Grabbike tersedia dua jenis sistem pembayaran yaitu pembayaran secara tunai dan pembayaran melalui GrabPay.

Pembayaran secara tunai maksudnya pembayaran dari konsumen ke driver Grabbike layaknya ojek biasa.


Selanjutnya untuk pembayaran lewat GrabPay maksudnya adalah pembayaran yang dilakukan dengan cara memotong saldo GrabPay anda.

Jadi apabila anda ingin menggunakan GrabPay maka anda perlu mengisi saldo GrabPay anda terlebih dahulu.

Kelebihan GrabPay adalah sifatnya yang cashless langsung memotong saldo anda dan ketika anda buru-buru saat turun dari ojek maka anda bisa langsung jalan tanpa ada proses berbayar seperti halnya jika anda membayar secara tunai yang prosesnya lebih lama apalagi kalau driver tak memiliki kembalian.


Cara Kerja Grabbike
Setelah anda memahami penjelasan diatas maka berikut akan dijelaskan runutan proses kerja mulai saat konsumen memesan sampai selesainya order, berikut ini alurnya.


  • Pertama-tama ada calon penumpang/konsumen yang memesan lewat aplikasi.
  • Konsumen memasukan titik penjemputan dan tujuan serta menentukan apakah menggunakna pembayaran secara tunai atau lewat GrabPay.
  • Selanjutnya konsumen harus menekan tombol order yang kemudian aplikasi Grabbike akan mengirimkan pesanan tersebut ke server Grabbike.
  • Selanjutnya server Grabbike akan mencarikan driver yang berada di sekitar alamat/titik penjemputan dengan cara menyebar order ke beberapa driver. 
  • Para driver yang menerima notifikasi order dalam aplikasi driver, ia bebas memilih apakah menerima atau mengabaikan/menolak order yang masuk tersebut, tapi perlu diingat bahwa tawaran tersebut bisa direbut driver lain oleh sebab itu ia harus cepat memutuskan dan menekan tombol terima jika memang ingin mengambil order tadi.
  • Jika driver sudah didapat maka sistem Grabbike akan memberi notifikasi ke konsumen bahwa driver sudah didapatkan sehingga konsumen siap menunggu.
  • Setelah driver datang dan mengantar penumpang maka ia akan menerima penghasilan sesuai jarak yang ditempuh dan tarif driver yang sudah ditentukan oleh pihak Grab.


Driver Grabbike Dapat Penghasilan Dari Mana?

Maksud dari tarif driver adalah misal pihak Grab menentukan tarif driver per kilometer adalah Rp 2000 ini artinya bahwa driver Grabbike akan menerima Rp 2000 setiap km nya. Jadi jika ia mengantar penumpang sejauh 5 km maka ia akan menerima penghasilan sebesar Rp 10.000.

Belum lagi kalau pas jam sibuk biasanya tarif drivernya lebih mahal sehingga driver bisa menerima lebih dibanding tarif saat diluar jam sibuk.


Baca juga : Cara Pesan Makanan Lewat Grab


Ketentuan tarif driver itulah yang tak jarang membuat risau para driver jika tarif per km makin menurun. Makin kecil tarif driver per kilometernya maka berarti makin sedikit pula penghasilannya.

Lalu bagaimana caranya pihak Grab menerima pembayaran dari penumpang? Apakah driver harus menyetor uang yang diperoleh tersebut ke pihak Grab hari itu juga? Atau ada sistem yang otomatis ? Dibawah ini adalah penjelasannya.



Cara Grab Menerima Pembayaran Dari Penumpang
Ada hal yang perlu anda ketahui jika anda sebagai driver Grabbike maka anda wajib untuk mengisi saldo kredit anda, kenapa demikian?

Dalam sistem kerja Grabbike, order akan disebar ke para driver yang memiliki saldo driver diatas biaya perjalanan dari order yang bersangkutan.

Misal ada order dari konsumen yang biaya perjalanannya sebesar Rp 20.000, maka server Grab akan menyebar order tersebut ke para driver yang saldo driver nya diatas Rp 20.000.

Hal ini dilakukan agar saat penumpang sudah sampai tujuan dan membayar ke driver maka secara otomatis pihak Grab juga menerima pembayaran dari penumpang tersebut dengan cara memotong saldo driver yang telah mengantarkan penumpang tadi yang besarnya potongan saldo sesuai perhitungan yang berlaku. 

sistem kerja grabbike, sistem kerja grab bike, cara kerja grabbike, cara kerja grab, alur kerja grab
sistem pembayaran Grabbike


Jadi dalam hal ini pihak Grab memberlakukan sistem deposit kepada para driver Grabbike.

Dari deposit berupa saldo driver tersebut kemudian pihak Grab memotongnya sesuai perhitungan biaya perjalananya.

Secara sederhananya berikut ini runutannya:
  • Driver memiliki saldo, misalnya Rp 100.000
  • Ada order pengantaran dengan biaya perjalan Rp 25.000
  • Maka driver bisa mengambil order tersebut.
  • Saat sampai alamat tujuan maka penumpang membayar Rp 25.000 ke driver.
  • Dan saat itu juga sistem Grab akan memotong saldo driver yang semula Rp 100.000 berkurang sesuai bagi hasil/perhitungan tarif driver yang berlaku saat itu.

Dengan demikian jika anda sebagai driver Grabbike tak memiliki saldo yang cukup untuk menerima order yang biaya perjalanannya Rp 25.000 maka anda tidak bisa menerima order tersebut.

Oleh sebab itu pastikan saldo driver anda mencukupi sehingga bisa menerima banyak order.


Demikianlah penjelasan untuk sistem kerja Grabbike semoga dari informasi diatas anda bisa mengerti bagaimana cara kerja Grabbike.















 

0 Response to "Sistem Kerja Grabbike, Sudah Tahu ?"

Post a Comment