Entri yang Diunggulkan

Promo Gojek Cari Pahala

Promo Gojek Cari Pahala Bulan Ramadhan tahun 2018 telah tiba yang dimulai tanggal 17 Mei 2018.  Seperti umumnya bulan puasa maka bia...

Sistem Gaji Gojek





Sistem Gaji Gojek

Bagi sebagian orang mungkin masih sering bertanya-tanya dari mana ya driver Gojek mendapat bayaran? Apakah tiap bulan rutin mendapat gajian dari PT Go-Jek seperti halnya orang kantoran?

Atau mungkin seorang driver Gojek mendapat penghasilan dari tiap kali ngantar orang/kirim barang sesuai order lewat aplikasi?

Untuk anda yang belum mengetahui bagaimana seorang driver Gojek mendapat penghasilan maka dalam artikel ini akan dijelaskan tentang penghasilan driver Gojek, bagaimana sistem gaji Gojek tersebut sebenarnya. 


sistem gaji Gojek, gaji gojek, penghasilan gojek sebulan, penghasilan gojek, pendapatan gojek
sistem gaji Gojek


Apakah memang di gaji rutin setiap bulan atau sesuai orderan yang masuk yang bisa diselesaikan saat itu juga.


Cara Kerja Gojek
Sebelum membahas gaji Gojek ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu cara kerja Gojek.


  • Ketika konsumen akan menggunakan layanan Gojek maka ia akan memesan layanan yang diinginkan tersebut lewat aplikasi Gojek, misal ia memesan layanan Go-Ride untuk ojek online.
  • Konsumen harus memasukan alamat penjemputan dan alamat tujuan.
  • Calon penumpang Gojek tersebut juga harus menentukan cara pembayarannya apakah menggunakan Go Pay atau secara tunai.
  • Setelah menekan tombol order, maka aplikasi Gojek yang ada di tangan konsumen tersebut akan mengirimkan permintaan ke server Gojek bahwa ada konsumen yang memesan layanan Go-Ride dengan alamat penjemputan dan tujuan sesuai aplikasi.
  • Kemudian server Gojek akan memproses permintaan tersebut dan menyebarkan order kepada  para driver Gojek yang berada di sekitar alamat penjemputan bahwa ada konsumen yang memesan Go-Ride dengan alamat penjemputan dan tujuan tertentu.
  • Para driver Gojek yang menerima sebaran order harus segera mengambil order tersebut untuk bisa menyelesaikan order.
  • Driver yang berhasil mengambil order kemudian menjemput konsumen sesuai alamat penjemputan dan mengantarkannya sesuai alamat tujuan.
  • Sesampainya di alamat tujuan maka konsumen membayar driver Gojek. Jika pembayarannya secara tunai maka konsumen membayar seperti biasa menggunakan uang tunai ke driver Gojek dan jika menggunakan Go Pay maka secara otomatis akan terpotong saldo Go Pay konsumen tersebut.

Itulah proses/urutan bagaimana sebuah order diproses dan diselesaikan termasuk juga pembayarannya.

Untuk anda yang belum mengetahui apa itu Go Pay dan cara menggunakan Go Pay, anda bisa membacanya dalam artikel berikut.

 

Baca juga : Cara Menggunakan Go Pay Gojek

 

Dari alur diatas terlihat bahwa konsumen membayar ke driver Gojek setelah sampai di tujuan/order diselesaikan.

Pertanyaan selanjutnya adalah apakah uang yang dibayarkan ke driver Gojek akan menjadi milik driver Gojek seluruhnya ataukah ada prosentase bagi hasil dengan pihak Gojek? Sistem gaji Gojek nya seperti apa?


Sistem Gaji Gojek
Sekarang akan dibahas tentang uang yang diterima driver Gojek yang nantinya dari uang itulah penghasilan driver Gojek berasal.

Dibawah ini adalah contoh bagaimana perhitungan untuk penghasilan driver Gojek. Untuk angka/nominal dalam contoh ini hanya pemisalan saja, sebab untuk tarif sebenarnya bisa berubah-ubah sesuai kebijakan Gojek.


  • Misalkan tarif bersih yang diterima driver Gojek saat jam sibuk pada layanan Go-Ride adalah Rp2.500/km.
  • Dan tarif bersih yang diterima driver Gojek diluar jam sibuk pada layanan Go-Ride adalah Rp2.000/km.

Maksud tarif bersih yang diterima driver Gojek di atas adalah uang yang akan diterima driver Gojek per kilometernya saat ia telah menyelesaikan order Go-Ride.



Simulasi Penghasilan Driver Gojek Dalam Sehari
Untuk mengetahui sistem gaji Gojek silakan anda lihat simulasi dibawah ini sehingga nantinya anda bisa mengetahui bagaimana seorang driver Gojek mendapatkan penghasilan.

 
Misal seorang driver Gojek ngejar order mulai jam 06:00 - 11:00 dan kemudian beristirahat dan melanjutkan ngojeknya pada pukul 13:30 - 18:00 dengan rincian order sbb:


Pagi : Jam 06:00 - 11:00 jumlah order:


  • 3 order di jam sibuk yang total jarak dari ketiga order tersebut 14KM, maka pendapatannya 14 x 2.500 = 35.000
  • 4 order di luar jam sibuk dengan total jarak 38KM, maka pendapatannya 38 x 2.000 = 76.000


Sore : Jam 13:30 - 18:00 jumlah order:


  • 3 order di jam sibuk yang total jarak dari ketiga order tersebut 12KM, maka pendapatannya 12 x 2.500 = 30.000
  • 7 order di luar jam sibuk dengan total jarak 42KM, maka pendapatannya 42 x 2.000 = 84.000

Maka penghasilan yang ia terima dalam sehari itu adalah 35.000 + 76.000 + 30.000 + 84.000 = 225.000 dan ditambah bonus harian karena lebih 16 order, misal bonus harian yang ia terima Rp 50.000.

Jadi dalam sehari tersebut ia bisa mendapat uang 225.000 + 50.000 = 275.000.


Jika kemudian dalam sebulan driver Gojek tersebut hanya mengambil 20 hari untuk bekerja (misal sabtu minggu libur atau ada keperluan lain) maka dengan rata-rata seperti itu berarti ia akan mendapat Rp 5.500.000 dalam sebulan. 


sistem gaji Gojek, gaji gojek, penghasilan gojek sebulan, penghasilan gojek, pendapatan gojek
penghasilan driver Gojek


Untuk diketahui juga bahwa penghasilan driver Gojek tersebut bisa naik turun sesuai kemampuan ia mendapatkan dan menyelesaikan order serta bonus yang ia dapatkan.

Adakalanya order dirasa sepi sehingga tak cukup untuk mendapatkan bonus harian dan juga faktor fisik yang tak selamanya sehat bisa mengambil order terus menerus.

Atau juga faktor cuaca yang jika hujan biasanya jumlah order lebih sedikit dibanding cuaca cerah.




 

Baca juga : Inilah 6 Cara Daftar Gojek
 


Dari penjelasan diatas terlihat bahwa sebenarnya seorang driver Gojek tidak menerima gaji tetap layaknya orang kantoran yang setiap bulan terima gaji, tapi gaji driver Gojek berasal dari seberap banyak ia bisa menyelesaikan order dan dari order tersebutlah ia mendapatkan penghasilan.



Biaya Perawatan Motor Dan Makan
Perlu diingat juga bahwa dari hasil ngojek tersebut ada dana operasional yang perlu dikeluarkan oleh driver Gojek yaitu untuk perawatan motor serta biaya makan/minum selama ngojek.

Jika ingin berhemat maka anda bisa membawa bekal makanan/minuman dari rumah sehingga saat dijalan anda tak perlu mampir ke warung makan.

Demikianlah informasi untuk sistem gaji Gojek yang bisa anda pelajari. Jadi seorang driver Gojek tidak menerima gaji bulanan secara tetap, namun ia menerima penghasilan dari hasil menyelesaikan order yang ia terima. Semakin banyak order yang bisa diselesaikan maka semakin besar pula penghasilannya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sistem Gaji Gojek"

Posting Komentar