Entri yang Diunggulkan

Promo Gojek Cari Pahala

Promo Gojek Cari Pahala Bulan Ramadhan tahun 2018 telah tiba yang dimulai tanggal 17 Mei 2018.  Seperti umumnya bulan puasa maka bia...

Penipuan Atas Nama Gojek, Berhati-Hatilah !!!




Penipuan Atas Nama Gojek, Berhati-Hatilah !!!

Gojek telah dikenal luas oleh masyarakat dengan berbagai layanan yang dapat dipesan melalui aplikasi Gojek. Kemudahan dalam memesan serta adanya informasi harga diawal menjadikan Gojek banyak diminati oleh para konsumen.

Tingginya transaksi yang terjadi melalui aplikasi Gojek menunjukan bahwa disana ada ribuan dan bahkan jutaan transaksi perputaran uang konsumen dalam menggunakan layanan Gojek.

Apalagi dengan adanya fitur GoPay maka berarti pula ada dana pelanggan/konsumen yang tersimpan dalam masing-masing akun pelanggan Gojek. 

penipuan atas nama gojek, penipu gojek, penipuan gojek, modus penipuan gojek, jenis penipuan gojek
Penipuan Atas Nama Gojek

Hal inilah yang kemudian menjadi godaan bagi mereka yang ingin mengambil keuntungan dalam akun bersaldo GoPay sehingga marak terjadi penipuan atas nama Gojek.

Penipuan atas nama Gojek ini perlu anda waspadai sebab tidak menutup kemungkinan anda bisa menjadi korban nantinya. Oleh sebab itu ada baiknya anda mengenali berbagai trik yang digunakan para penipu dalam mengelebahui korbannya.

Berikut ini akan diinformasikan tentang ciri dan beberapa kejadian penipuan atas nama Gojek sehingga nantinya anda bisa mengantisipasinya lebih awal.



Ciri Penipuan Atas Nama Gojek

1. Penipu menghubungi korban menggunakan nomor HP.
 
Jika anda ditelpon seseorang yang menggunakan nomor HP biasa dan ia mengaku sebagai karyawan Gojek maka sebaiknya anda segera waspada apalagi jika

kemudian penelpon tersebut meminta anda menyebutkan kode verifikasi atau data-data tertentu dari anda.



 

Baca juga : Ini Nomor Call Center Gojek
 


Ada baiknya anda tak perlu menanggapi percakapan tersebut atau jika anda sudah menyadari bahwa penelpon adalah penipu maka coba pancing dengan pertanyaan lain yang menguatkan dugaan bahwa ia seorang penipu.

Misal tanyakan nama lengkapnya, bagian apa di perusahaan Gojek, atasannya siapa, nomor induk karyawannya berapa dan hal-hal lain untuk identifikasi pelaku dan cek kebenaran penelpon.

Tanyakan juga jika ia memang resmi dari Gojek kenapa harus menelpon dari HP, bukankah Gojek memiliki nomor telepon resmi perusahaan yang biasanya menggunakan kode area 021-xxxxx.

 
2. Gaya Bicara Yang bertele-tele.
Biasanya jika anda menanggapi percakapan penipu dan anda bertanya balik dengan pertanyaan-pertanyaan yang sulit dijawa maka penipu tersebut akan

beralasan macam-macam sehingga pembicaraannya bertele-tele.

Karena banyak alasan yang perlu ia jelaskan (padahal bohong) maka penipu biasanya akan berbicara panjang lebar untuk meyakinkan anda, maka berhati-hatilah.

 


penipuan atas nama gojek, penipu gojek, penipuan gojek, modus penipuan gojek, jenis penipuan gojek
Modus penipuan atas nama Gojek

3. Mudah Terpancing Emosi Dan Berbicara Dengan Nada Memaksa.
Jika anda terus berusaha bertanya balik ke penelpon dan berusaha menyanggah penjelasannya maka penipu akan cepat emosi dan nada berbicaranya mulai meninggi.

Untuk kemudian penelpon akan mulai memaksa anda menuruti perintahnya, misal untuk segera memberi tahu kode verifikasi atau kode rahasia dan data lainnya. 


Apabila anda tetap tidak mau perintahnya maka penipu akan coba menakut-nakuti anda, misal akaun akan di suspend sehingga anda sebagai korban dibuat panik. 


4. Mengiming-imingi Hadiah
Untuk memuluskan dalam menipu korban, maka salah satu triknya adalah dengan mengiming-imingi korban berupa hadiah yang mewah sehingga ketika mendengar nama hadiahnya, calon korban bisa langsung senang dan mengikuti apa yang diminta penelpon.

Misal anda ditelpon dan dikabari mendapat hadiah uang 2 juta rupiah tapi agar bisa diproses pengambilan hadiahnya anda diminta memberi tahu kode verifikasi Gojek yang dikirim lewat SMS.



Jika anda menganggap kode verifikasi Gojek hal sepele maka dengan santainya anda memberikan kode tersebut apalagi jika dibanding hadiahnya yang lumayan besar, maka anda telah menjadi korban penipuan atas nama Gojek tersebut.

 
5. Kode Verifikasi Nyasar
Trik lain yang digunakan para penipu adalah dengan berpura-pura bahwa kode verifikasi yang seharusnya ia terima ternyata nyasar ke nomor HP anda.
 
Apabila anda mengalami hal ini, ditelpon seseorang dan ia mengaku bahwa kode verifikasinya nyasar maka sebaiknya anda tidak perlu menanggapinya sebab kode verifikasi Gojek akan dikirim sesuai nomor pelanggan masing-masing.

Misalkan ia tetap ngotot bahwa kodenya nyasar ke HP anda maka sebaiknya anda sarankan agar penipu tersebut nelpon ke customer service Gojek di nomor 021-502 511 10.

 
6. Ancaman Suspend Akun Gojek Atau Putus Kemitraan.
Sasaran penipuan atas nama Gojek ini terjadi tidak hanya kepada pelanggan Gojek tapi juga kepada driver Gojek.
 
Modus penipuannya adalah dengan ancaman suspend akun driver Gojek.

Penipu akan menelpon driver Gojek (korban) dan mengenalkan dirinya sebagai karyawan Gojek.

Dengan alasan bahwa ada komplain dari pelanggan terhadap kinerja driver Gojek (yang sedang ditelpon tersebut) maka penipu akan menakut-nakuti bahwa karena komplain pelanggan tersebut maka akun driver Gojek yang bersangkutan akan disuspend atau akan diputus kemitraannya.

Penipu kemudian akan menawarkan bantuan bahwa ia bisa mencegah agar akun tidak jadi disuspend dengan syarat driver Gojek tersebut memberitahukan kode verifikasi Gojek yang barusan ia terima.

Seorang driver Gojek jika mendengar akunnya akan disuspend maka biasanya ia akan panik dan jika panik ia akan berusaha mencegah agar akaunnya tidak di suspend.

Dalam kondisi panik tersebut maka driver Gojek akan menerima tawaran bantuan penipu dan akhirnya memberitahukan kode verifikasi Gojek yang ia terima lewat SMS Gojek. 

penipuan atas nama gojek, penipu gojek, penipuan gojek, modus penipuan gojek, jenis penipuan gojek
Gambar dari Gojek Indonesia



Pentingya Kode Verifikasi Gojek
Mungkin anda akan bertanya-tanya kenapa para penipu sangat ingin mengetahui kode verifikasi Gojek yang dikirim ke pelanggan lewat SMS ? Begitu pentingkah sehingga berbagai cara digunakan penipu untuk mengetahui kode verifikasi tersebut?

Ibarat sebuah brankas, maka setiap brankas memiliki kunci untuk membukanya yaitu dengan urutan kode tertentu. Atau saat anda mengambil uang di ATM, bukankah anda diminta memasukan nomor PIN agar anda bisa mengambil uang di ATM tersebut.

Lalu apa jadinya jika kode brankas atau kode PIN anda diketahui oleh lain? Berbahaya bukan ?

Demikian juga kode verifikasi Gojek yang dikirimkan ke anda juga memiliki fungsi yang sama yaitu untuk keamanan akun Gojek anda.




Baca juga : Cara Cek Resi Gojek, Sudah Tahu?

 

Oleh sebab itu jika ada orang lain yang menanyakan kode verifikasi Gojek anda maka jangan anda berikan bahkan PT Go-Jek pun juga sudah mengaskan bahwa karyawan Gojek pun tidak berhak mengetahui kode verifikasi yang dikirim ke pelanggan.

Jadi jagalah akun Gojek anda dengan baik.


Demikianlah informasi untuk penipuan atas nama Gojek yang bisa anda jadikan referensi dalam mengantisipasi terjadinya penipuan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda dan semoga anda tak mengalami penipuan tersebut.













Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penipuan Atas Nama Gojek, Berhati-Hatilah !!!"

Posting Komentar