Entri yang Diunggulkan

6 Cara Daftar Gojek Yang Bisa Anda Coba

6 Cara Daftar Gojek Yang Bisa Anda Coba Hadirnya Gojek di tengah masyarakat telah membawa perubahan dalam bisnis daring transportasi d...

Jenis Suspend Gojek Apa Saja, Penyebab dan Sanksinya ?


 

Jenis Suspend Gojek Apa Saja, Penyebab dan Sanksinya ?

Dalam menjalankan operasional layanan Gojek maka pihak Gojek bermitra dengan para mitra Gojek yang sesuai dengan jenis layanannya.

Ada mitra yang sebagai driver Gojek, mitra Go-Box, mitra Go-Glam dan banyak mitra-mitra Gojek lainnya. Diantara para mitra tersebut, mitra sebagai driver Gojek lah yang paling banyak bekerjasama dengan Gojek.


suspend gojek, penyebab suspend gojek, suspend gojek adalah, cara membuka suspend gojek
suspend Gojek

Untuk memberikan kenyamanan kepada para pelanggan serta untuk menjaga kinerja para mitra driver Gojek, maka pihak Gojek memberikan beberapa aturan yang diterapkan kepada para mitra.

Jika aturan ini dilanggar maka sanksi bisa dikenakan kepada driver Gojek yang berakibat bisa di suspend-nya akun Gojek mereka atau bahkan bisa sampai pemutusan kemitraan dengan Gojek.


 

Baca juga : Cara Sign Up dan Sign In Gojek

 

Istilah suspend Gojek adalah istilah yang digunakan dimana akun driver Gojek tidak bisa menerima order karena akunnya bermasalah sehingga pihak Gojek memberhentikan sementara akun driver Gojek tersebut sampai batas waktu tertentu atau sampai proses klarifikasi pelanggaran selesai.


Jenis Suspend Gojek
Jenis suspend Gojek ada dua yaitu Auto Suspend dan Manual Suspend.
  • Auto Suspend Gojek adalah suspend yang terjadi karena pemilik akun terdeteksi secara otomatis dari sistem Gojek bahwa ia melakukan pelanggaran.
  • Manual Suspend Gojek adalah suspend yang dilakukan secara manual karena adanya laporan pelanggaran dari pihak pelanggan atau pihak lain kepada pihak Gojek terhadap driver Gojek (pemilik akun).

suspend gojek, penyebab suspend gojek, suspend gojek adalah, cara membuka suspend gojek
auto suspend Gojek


Auto Suspend Gojek
Mengingat Auto Suspend Gojek ini bersifat otomatis dari sistem Gojek maka deteksi pelanggaran ditentukan oleh perangkat lunak yang dibangun pada sistem deteksi Gojek.

 
Misalnya saja deteksi untuk order fiktif, pengambilan order yang jaraknya tak wajar, mengambil penumpang yang sama berkali-kali pada waktu yang singkat dan masih banyak lagi parameter-parameter deteksi yang diterapkan pada sistem Gojek untuk mengaketgorikan apakah aktifitas sebuah akun Gojek tersebut layak dikenaik sanksi auto suspend atau tidak.

Untuk lebih jelasnya, diatas adalah jenis-jenis pelanggaran yang bisa menyebabkan terjadinya auto suspend beserta sanksinya yang berlaku mulai sejak 12 Juli 2017.



Hati-Hati Dengan Auto Suspend Gojek
Mengingat auto suspend Gojek ini dilakukan secara otomatis oleh sistem maka sebaiknya anda berhati-hati.

Kenapa demikian? Ibarat robot, sistem deteksi hanya melaksanakan perintah sesuai program yang dirancang tanpa mempedulikan penyebab pelanggaran. Sistem hanya mengolah data-data yang masuk kepadanya untuk kemudian mengeksekusi sesuai program yang telah dirancang.

Misalnya saja tentang order fiktif. Bisa jadi seorang driver Gojek tidak melakukan order fiktif, tapi karena mungkin keisengan orang lain maka ia bisa terdeksi mengambil order fiktif sampai akhirnya akunnya di suspend.


Proses Banding Auto Suspend Gojek
Jika anda mengalami auto suspend, maka anda bisa mengajukan proses banding untuk mengklarifikasi kejadian sebenarnya sehingga nantinya akun anda bisa dibuka kembali jika proses banding anda diterima.

Anda bisa mengajukan banding paling lambat adalah 2 bulan sejak terjadinya auto suspend terhadap akun anda. 

Dalam masa 2 bulan tersebut anda bisa memproses untuk dibuka kembali sehingga jika anda mengalami auoto suspend ini sebaiknya segera saja untuk mengklarifikasinya dalam proses banding.

Akun anda bisa dibuka kembali jika anda memang terbukti tidak melakukan pelanggaran namun jika kemudian anda terbukti melakukan pelanggaran maka anda akan diberi sanksi sesuai jenis pelanggaran yang anda lakukan.



Manual Suspend Gojek
Manual suspend Gojek adalah kondisi dimana sebuah akun driver Gojek dibekukan sementara karena adanya pihak yang melaporkan.

Berbeda dengan auto suspend, maka untuk manual suspend ini terjadi karena ada pihak lain yang melaporkan sehingga penyebab manual suspend ini lebih bersifat penilaian orang lain kepada driver Gojek.


Misal saja ada seorang driver Gojek yang berbicara tak pantas, melakukan tindak kriminal, menghilangkan barang pelanggan serta jenis pelanggaran lainnya.

Agar lebih jelas, berikut ini adalah jenis-jenis pelanggaran yang bisa menyebabkan terjadinya manual suspend Gojek yang berlaku mulai sejak 12 Juli 2017.


suspend gojek, penyebab suspend gojek, suspend gojek adalah, cara membuka suspend gojek
manual suspend Gojek - 1
suspend gojek, penyebab suspend gojek, suspend gojek adalah, cara membuka suspend gojek
manual suspend Gojek -2


Perhatikan Peringatan
Untuk anda yang mengalami manual suspend Gojek, sebaiknya anda segera melakukan klarifikasi terhadap laporan yang masuk ke

anda, sebab jika tidak ada klarifikasi maka anda tidak memiliki kesempatan untuk menjelaskan kejadian yang sebenarnya.


 

Baca juga : Cara Pindah Ke Gojek Dari Ojek Online Lainnya

 

Terhadap laporan pelanggaran ini biasanya pihak Gojek akan memberikan peringatan atau sanksi lainnya.

Agar nantinya tidak terjadi pemutusan kemitraan, maka usahakan untuk tidak melakukan pelanggaran lagi mengingat Gojek bisa memutus kemitraan jika anda sudah mendapat 3 kali peringatan.

Demikian informasi singkat tentang suspend Gojek, jenis suspend Gojek, penyebab suspend Gojek dan juga sanksinya, semoga bermanfaat.







Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis Suspend Gojek Apa Saja, Penyebab dan Sanksinya ?"

Posting Komentar