Setelah Bangkok, Negara Inilah Yang Dituju Oleh UberMoto

Setelah Bangkok,Negara Inilah Yang Dituju Oleh UberMoto

UberMoto sebagai layanan ojek online yang diluncurkan oleh pihak Uber telah bergerak untuk memperluas daerah layanannya ke negara lain setelah Thailand.

Sebagaimana diberitakan di berbagai media sosial bahwa pada akhir Februari 2016 lalu pihak Uber telah meluncurkan UberMoto di kota Bangkok sebagai pilot project-nya. Lalu negara manakah yang dipilih oleh pihak Uber untuk menggelar layanan ojek online UberMoto tersebut?

Kabar terbaru tentang ekspansi UberMoto ini adalah bahwa pihak Uber memang telah melakukan ekspansi layanannya ini ke sebuah kota di India bagian Selatan yaitu di Bangalore atau Bengaluru. Satu minggu setelah peluncurannya di kota Bangkok, ternyata Uber telah meluncurkan UberMoto di kota yang juga dijuluki sebagai "Garden City of India". 

ubermoto di india, ojek online di india, ubermoto india
Salah satu taman kota Bangalore
Selain dikenal dengan julukan "Garden City of India", kota Bangalore juga dikenal sebagai "Silicon Valley of India". Kira-kira kenapa ya pihak Uber memilih Bangalore sebagai tempat ekspansi UberMoto setelah Bangkok?


Bangalore Kota Ke-2 Setelah Bangkok
Dipilihnya Bangalore sebagai kota ke-2 yang dipilih oleh Uber dalam mengembangkan bisnis ojek onlinenya tentu bukan hanya asal pilih, pasti ada alasan lain mengapa Bangalore dipilih sebagai kota lanjutan dari bisnis ojek online UberMoto. Jika anda belum tahu Bangalore, berikut ini ada sedikit gambaran tentang Bangalore.

Kota-kota di India memiliki karakteristik masing-masing yang berbeda satu sama lainnya. Tidak selalu kota-kota di India identik dengan kumuh dan kotor, salah satunya adalah Bangalore ini. Bangalore adalah nama ibukota dari Negara Bagian Karnataka yang terletak di India bagian Selatan.

Bangalore merupakan negara terbesar ketiga di India dan juga sebagai salah satu kota terbersih di India. Berbeda dengan kota-kota lainnya di India, maka kota Bangalore ini penuh dengan pepohonan dan taman kota yang membuatnya hijau dan sejuk. Banyaknya taman-taman kota, pepohonan serta udara yang cenderung sejuk sepanjang tahun menjadikan Banaglore dikenal sebagai sebagai "Garden City of India". 

ubermoto di india, ojek online di india, ubermoto india


Selanjutnya dalam perkembangan dunia IT, kota ini menjadi pusat IT di India. Banyak perusahaan multinasional bidang IT yang berada di Bangalore sehingga orang-orang asing banyak dijumpai berseliweran di Bangalore. Hal ini menjadikan Bangalore benar-benar sebagai pusat IT di India, maka ia pun kemudian sebagai "Silicon Valley of India".


Kebutuhan Kendaraan Yang Tinggi

Menurut Bangalore Traffic Police, sesuai data per 31 Maret 2015, persentase moda transportasi di Bangalore didominasi oleh sepeda (69,1%), diikuti motor dan kendaraan (20,5%).

Per September 2015, tercatat bahwa Bangalore hanya memiliki sekitar 6.423 bus untuk melayani sekitar 5 juta penumpang. Jika melihat perbandingan bus dan penumpang, tentu hal ini sangat kurang memadai.

Untuk jumlah penduduk kota Bangalore sendiri tercatat sekitar 8,4 juta penduduk. Ini merupakan potensi pasar yang sangat besar jika dapat dikelola dengan baik.


Dengan melihat karakteristik kota Bangalore seperti itu, hal itulah yang mungkin menjadi pertimbangan bagi pihak Uber untuk menggelar layanan UberMoto di kota tersebut mengingat kota tersebut merupakan pusat IT di India. 

ubermoto di india, ojek online di india, ubermoto india


Jika melihat jeda waktu antara peluncuran UberMoto di Bangkok dan di Bangalore yang hanya selisih satu minggu saja, ini menunjukan bahwa pihak Uber benar-benar ingin menjadi yang pertama di beberapa negara berkembang dalam menggelar layanan ojek online-nya. 


Selain itu jika tidak cepat-cepat masuk ke pasar maka bisa jadi ojek online lokal akan lebih dahulu muncul di negara yang dituju tersebut sehingga persaingan akan lebih sulit nantinya.

Seperti halnya di Indonesia, ojek online lokal telah melekat dalam kesehariannya sehingga jika ada ojek online baru yang muncul maka mereka perlu usaha ekstra keras untuk mengambil pasar ojek online tersebut. Lalu akankah UberMoto masuk ke Indonesia?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Setelah Bangkok, Negara Inilah Yang Dituju Oleh UberMoto"

Poskan Komentar