Gojek-Line, Go-Ride-Line dari Gojek, Kini Bisa Pesan Gojek Lewat Line


Gojek-Line, Go-Ride-Line dari Gojek, Kini Bisa Pesan Gojek Lewat Line

Terobosan baru dari Gojek untuk mengembangkan bisnisnya kini mulai merambah aplikasi-aplikasi OTT (Over The Top) lain sebagai partner bisnisnya. Gojek mulai memanfaatkan aplikasi OTT yang sudah ada saat ini sebagai cara baru untuk mengakses layanan-layanan Gojek nantinya.

Bisa jadi ketika ada kata OTT maka kata tersebut belum begitu familiar bagi anda, namun pada kenyataannya sebenarnya anda sudah terbiasa menggunakan aplikasi-aplikasi OTT tersebut. Jika anda belum terlalu mengenal tentang sebutan OTT, berikut ini adalah sedikit gambaran tentang apa itu OTT.

Secara mudahnya OTT (Over The Top) adalah suatu bentuk layanan atau konten digital yang dilewatkan/didistribusikan melalui internet melalui infrastruktur jaringan internet/telekomunikasi. Misal dibuat perumpamaannya adalah seperti jalan raya dan kendaraan yang melewati jalan raya tersebut. 




Baca juga : Cara Pesan Gojek Lewat Line Dengan Panduan ScreenShot, Lebih Mudah Dimengerti
 

Jalan raya adalah infrastrukturnya yang disediakan oleh penyelenggara jaringan internet/telekomunikasi dan kendaraan yang melintas diatasnya dengan variasi bisnis dalam kendaraan tersebut adalah sebagai aplikasi OTT-nya. Kurang lebih seperti itulah gambarannya. Lantas apa hubunganya dengan Gojek Line atau Go-Ride Line dari Gojek ?

gojek line, go-jek line, goride line, gojek lewat line
Gambar dari Gojekindonesia
Keberadaan bisnis OTT inilah yang kemudian menjadi perdebatan antara penyedia bisnis OTT dan pelaku bisnis infrastruktur internet/telekomunikasi dimana pihak penyelenggara jaringan harus mengeluarkan biaya tinggi dalam memelihara infrastrukturnya sementara pelaku bisnis OTT dengan mudah menggelar layanan bisnis OTT nya tanpa harus investasi besar-besaran dalam membangun infrstruktur jaringan internet/telekomunikasi.


Ambil contoh Facebook, Youtube, Twitter, Line, Whatsapp, Kakao dan masih banyak aplikasi OTT lainnya. Jika dilihat, aplikasi atau konten tersebut begitu mendominasi penggunaan internet di Indonesia namun mereka tidak perlu investasi besar-besaran membangun infratsruktur/jaringan internet/telekomunikasi di Indonesia.

Adanya kemudahan dan lebih bervariasinya dalam membangun bisnis OTT tersebut kemudian banyak sekali bermunculan bisnis-bisnis OTT lainnya di Indonesia yang salah satunya adalah aplikasi Gojek ini.


Gojek Memanfaatkan Aplikasi OTT Lainnya

Sebagai langkah awal Gojek untuk memanfaatkan aplikasi OTT lainnya, kini Gojek mulai mengembangkan cara pemesanan layanan Gojek melalui aplikasi-aplikasi OTT tersebut dengan menggunakan aplikasi LINE sebagai pilot project-nya. Jika melihat kecenderungan ini maka kedepannya bukannya tidak mungkin layanan Gojek yang ada dapat dipesan juga melalui aplikasi sejenis lainnya.

Layanan Gojek-Line  pertama yang sudah dipublikasikan adalah layanan Go-Ride dari Gojek. Sebagaimana diketahui bahwa Go-Ride adalah layanan untuk antar jemput dan sebagai layanan yang sangat populer diantara layanan Gojek lainnya. Istilah Gojek dalam menyebut Go-Ride yang dapat dipesan melalui aplikasi

Line ini adalah Go-Ride Line, agak susah memang mengingatnya. Kemungkinan besar nanti orang akan lebih mudah menyebutnya sebagai Gojek-Line hehehe.

Poin utama dari Go-Ride Line dalam Gojek-Line ini adalah bahwa konsumen/pelanggan juga dapat memesan layanan Go-Ride Gojek lewat aplikasi Line, jadi selain dapat memesan dari aplikasi Gojek maka Go-Ride juga bisa dipesan melalui aplikasi Line.

Kemudahan yang ditawarkan Gojek kepada para konsumen layanan Gojek melalui aplikasi Line ini merupakan cara Gojek untuk memperluas cara akses ke layanan Gojek sehingga orang tidak harus me-install aplikasi Gojek nantinya tapi juga bisa dengan aplikasi lain yang sudah ada akun Gojek-nya.

gojek line, go-jek line, goride line, gojek lewat line
Gambar Go-Jek Line dari Gojekindonesia

Jika melihat bentuk ekspansi Gojek dalam mengembangkan bisnis aplikasinya, maka dapat kita lihat bahwa Gojek tidak hanya mengembangkan ke daerah-daerah lainnya namun juga melakukan ekspansi cara aksesnya melalui aplikasi OTT lainnya. 


Ada 3 bentuk ekspansi yang telah dilakukan oleh Gojek yaitu :
  • Ekspansi secara variasi layanan : Gojek berusaha menghadirkan layanan-layanan baru seperti Go-Tix, Go-Box, Go-Massage, Go-Clean dan Go-Glam. Adanya variasi bentuk layanan tersebut memperlihatkan bahwa Gojek juga ingin merambah berbagai layanan yang bisa digabungkan melalui aplikasi berbasis android/iOS.
  • Eskpansi daerah : Gojek mulai memperluas layanan Gojek ke kota-kota besar lainnya di Indonesia. Terakhir Gojek sudah menggelar layanannya di Yogyakarta, Semarang, Medan, Palembang dan Balikpapan.
  • Ekspansi cara akses layanan Gojek : Gojek berusaha mempermudah cara akses terhadap layanan-layanan Gojek melalui aplikasi-aplikasi OTT yang sudah ada saat ini dengan harapan bahwa konsumen semakin sering menggunakna layanan Gojek karena kemudahan cara aksesnya tersebut yang dimulai dengan Go-Ride Line atau Gojek Line.

Bagi anda yang ingin mencoba untuk pesan Gojek lewat Line, maka anda harus memiliki aplikasi Line terlebih dahulu di ponsel anda. Setelah aplikasi Line terinstall, maka anda harus menambahkan akun Gojek yang resmi sebagai teman dalam list anda untuk kemudian anda dapat memesan Gojek lewat Line ini, selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Gojek-Line, Go-Ride-Line dari Gojek, Kini Bisa Pesan Gojek Lewat Line"

  1. Bagaimana cara mengecek tarif gojek di line, mohon di jelaskan

    BalasHapus