Tarif Gojek, Cara Melihat Tarif Gojek Dengan Mudah

Tarif Gojek, Cara Melihat Tarif Gojek Dengan Mudah
Selain caranya yang praktis dalam memanggil tukang ojek, maka salah satu hal yang menjadi daya tarik bagi ojek online Gojek adalah sistem penetapan tarif Gojek yang dapat diketahui oleh konsumen sebelum ia naik ojek Gojek sehingga tidak perlu tawar-menawar yang kadang ada pihak yang merasa dirugikan baik itu penumpang atau tukang ojeknya. Pada aplikasi Gojek, misal anda ingin pergi dari rumah menuju stasiun dan ingin tahu berapa tarif Gojek yang harus anda bayar maka dapat anda lihat dalam aplikasi Gojek tersebut.

Meskipun dalam ojek online tidak ada tawar menawar harga dengan tukang ojek layaknya ojek konvensional, namun banyak orang yang masih bingung berapa tarif Gojek yang berlaku saat itu, apalagi Gojek sudah ada di 10 kota besar dan tidak semua kota tersebut memiliki tarif Gojek yang sama. Kadang ada yang masih promo, kadang juga sudah menggunakan tarif normal.

Jangankan di kota-kota lain diluar Jakarta, bagi masyarakat Jakarta sendiripun masih banyak yang tidak mengetahui update terbaru tentang tarif Gojek yang sedang diberlakukan saat itu. Berubahnya tarif Gojek tersebut terjadi karena memang ada promo tarif Gojek atau kebijakan Gojek yang memberlakukan tarif-tarif tertentu pada jam-jam tertentu. 



Baca juga : Tarif Baru Gojek Mulai 29 Desember 2015 Wilayah Jabodetabek


Sebagai contoh pada awal-awal peluncuran Gojek, tarif Gojek menggunakan tarif promo sebesar Rp 10.000 kesemua jurusan di Jakarta dan sekitar untuk jarak dibawah 25 KM.

Setelah berlangsung beberapa bulan kemudian pada tanggal 25 Mei 2015 ada kebijakan tentang perubahan tarif Gojek yaitu adanya tarif Gojek saat Rush Hour. Tarif khusus tersebut berlaku dari Senin-Jumat saat jam pulang kerja orang kantoran (jam 16:00 - 19:00) sebesar Rp 15.000 dan diluar jam tersebut tetap Rp 10.000. 
  
cara lihat tarif gojek, cara mengetahui tarif gojek
Kemudian pada Ramadhan 2015, Gojek memberikan tarif promo kembali kepada para konsumennya yaitu sebesar Rp 10.000 untuk jarak jauh/dekat. Dengan adanya tarif promo Gojek ini tentu membuat konsumen senang dan meringankan beban transportasi. Setelah promo Ramadhan 2015 habis maka Gojek mengembalikan tarif seperti sebelumnya.

Selanjutnya pada tanggal 16 September - 15 Oktober 2015, Gojek memberlakukan kebijakan baru terkait tarif Gojek yaitu dengan memberlakukan tarif perkilometer saat Rush Hour untuk area Jakarta. Tarif Gojek Go-Ride saat Rush Hour yang baru tersebut sebesar Rp 15.000 untuk 6 kilometer pertama dan Rp 2.500 per kilometer berikutnya.

Dan untuk tarif diluar Rush Hour adalah flat sebesar Rp 15.000 sampai jarak maksimal 25 KM. Kebijakan ini hanya berlaku untuk tarif Gojek pada layanan Go-Ride sedangkan tarif Gojek pada layanan lainnya masih tarif promo yaitu sebesar Rp 10.000 di seluruh wilayah Indonesia.

Kemudian selama bulan November 2015, Gojek mengeluarkan tarif promo untuk Go-Mart yaitu tarif gratis pada layanan Go-Mart area Jabodetabek dan perubahan pada tarif Go-Send sebesar Rp 2.500/KM dengan minimal pembayaran Rp 15.000 pada 6 KM pertama (selanjutnya Rp 2.500/KM). Dan

untuk kota Bandung, Bali, Surabaya dan Makassar, GO-RIDE dan GO-SEND  dikenakan tarif datar Rp. 15.000 (maksimal jarak 25KM).
 
Dari beberapa kali perubahan tarif Gojek tersebut tentu akan sangat membingungkan konsumen, maklum tidak semua konsumen tahu update terbaru terkait tarif Gojek ini. Hanya sebagian kecil saja dari konsumen yang benar-benar tahu update terbaru terhadap tarif Gojek yang berlaku saat itu.

Sebagai kabar terbaru untuk tarif Gojek ini adalah bahwa mulai tanggal 18 November 2015 untuk tarif Gojek (layanan Go-Ride) pada area Jabodetabek diberlakukan tarif flat sebesar Rp 15.000 sehingga tidak ada lagi istilah tarif Rush Hour. Iya, semua tarif sama rata pada setiap jamnya yaitu sebesar Rp 15.000 (khusus Jabodetabek). Seiring perubahan tarif Go-Ride tersebut, berubah pula tarif Gojek pada layanan Go-Mart yang semula adalah Rp 10.000 menjadi tarif perkilometer sebesar Rp 2.500/KM dengan minimum pembayaran Rp 15.000.

Sementara itu sejak tanggal 18 November 2015 tersebut khususnya bagi anda yang tinggal di Bali, Bandung dan Surabaya ada pemberlakuan tarif Gojek yang baru khusus untuk layanan Go-Send dan Go-ride yaitu tarif per kilometer sebesar Rp 2.000/km dengan minimum pembayaran Rp 15.000 (jarak maksimum 25 KM).

Dengan melihat perubahan tarif Gojek yang terus terjadi sehingga tarif Gojek pada tiap layanan  di setiap kota berbeda, maka hal ini akan sangat memusingkan bagi konsumen untuk menghafal berapa sih sebenarnya tarif Gojek yang sedang berlaku, padahal concern utama bagi calon penumpang adalah  tarif Gojek-nya.


Cara Melihat Tarif Gojek / Cara Mengetahui Tarif Gojek
Tujuan utama dari calon penumpang ingin tahu tarif Gojek saat itu adalah ia ingin mengetahui berapa sih ongkos ojek yang harus ia bayar jika menggunakan Gojek dari lokasi penjemputan sampai tempat tujuan. Dengan ia tahu berapa ongkos Gojek yang akan ia keluarkan maka ia akan dapat memutuskan apakah akhirnya jadi naik Gojek atau mungkin beralhi ke moda transportasi yang lain.

Daripada anda bingung dan pusing dalam menghafal tarif Gojek yang sedang diberlakukan, berikut ini ada cara mengetahui tarif Gojek atau cara melihat tarif Gojek yang harus anda bayar nantinya jika menggunakan jasa Gojek tersebut.


Cara melihat tarif Gojek tersebut sebenarnya sangat mudah yaitu dengan membuat membuat sedikit simulasi pada aplikasi Gojek. Jika anda mengamati pada aplikasi Gojek, disana akan diperlihatkan berapa tarif yang harus anda bayar mulai tempat asal A ke tempat tujuan B. 

cara lihat tarif gojek, cara mengetahui tarif gojek


 
Dalam simulasi ini anda harus memasukan alamat asal (FROM) dan alamat tujuan (TO). Isilah alamat keduanya dengan jelas dan sesuai dengan yang terekam di maps/peta dalam aplikasi Gojek. Sesaat setelah anda selesai mengisikan kedua alamat tersebut maka akan muncul tarif Gojek yang nanti harus anda bayar. Jika anda merasa cocok dengan tarif tersebut maka anda dapat melanjutkan proses selanjutnya untuk melakukan order Gojek.

Dari gambar diatas contohnya, alamat asal adalah jalan Pemuda dengan detil di depan Lawang Sewu Semarang dan alamat tujuan (TO) adalah jalan Puri Maerokoco. Sesaat anda selesai mengisi alamat tersebut maka anda muncul jarak tempuh (6.16 KM) dan tarif Gojek (Rp 13.000) yang harus anda bayar. Jika harganya sesuai budget maka anda dapat melanjutkan proses order tersebut.

Jadi bagi anda yang masih ragu tarif Gojek yang sedang berlaku, mendingan anda coba simulasikan seperti cara diatas. Apalagi setiap kota bisa jadi berbeda tarif yang sedang diberlakukan saat itu.

Itulah cara melihat tarif Gojek atau cara mengethaui tarif Gojek dengan mudah, semoga bermanfaat bagi anda dan tidak bingung lagi berapa tarif Gojek yang harus anda bayar nantinya.













Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Tarif Gojek, Cara Melihat Tarif Gojek Dengan Mudah"

  1. Kalok dari cipayung jakarta timur ke jababeka 2 berapa ya ongkosnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa disimulasikan gan, coba masukan alamat penjemputan dan alamat tujuan di aplikasi Gojek, nanti akan keliatan tarifnya

      Hapus