GrabExpress Sudah Hadir, Jasa Kurir Barang/Dokumen Saingan Go-Send Gojek

Bisnis kurir masih menjadi incaran para pelaku bisnis ojek online di Indonesia. Sejak kemunculan Gojek yang sangat booming di Jakarta membuat banyak pihak untuk membuka layanan sejenis dan bagi yang yang sudah memiliki bisnis ojek online ternyata mereka semakin giat untuk mengembangkan layanan-layanan bisnis berbasis kurir tersebut.

Tumbuhnya bisnis kurir ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku bisnis kurir yang selama ini sudah sangat dikenal, seperti JNE/TIKI serta jasa kurir lainnya. Jika tidak segera merespon terhadap pertumbuhan kurir yang ada saat ini, maka tidak menutup kemungkinan akan tersalip oleh pemain baru penyedia jasa layanan kurir online.

Gojek sebagai pelopor dalam jasa ojek online juga telah menawarkan jasa kurir untuk pengiriman barang/dokumen sebagai salah satu layanannya disamping layanan ojek online. Selain jasa kurir barang Go-Send, maka Gojek juga telah menawarkan jasa lainnya berbasis kurir yaitu layanan Go-Food dan Go-Mart. 



Baca juga :  Cara Belanja Lewat Go-Mart


Bisa dikatakan bahwa dengan moda transportasi yang sama dapat memberikan nilai lebih tergantung objek yang dibawa sehingga ketika Gojek menggelar layanan ojek tidak hanya ojek saja yang ia tawarkan tapi banyak hal yang bisa dihandle oleh ojek ia tawarkan juga.
 
GrabExpress Sudah Hadir, Jasa Kurir Barang/Dokumen Saingan Go-Send Gojek, jasa kurir, kurir barang, kurir online
poto dari grabexpress


Beda halnya dengan Grabbike yang juga menyediakan jasa ojek online, pada saat awal peluncurannya, Grabbike hanya menawarkan jasa ojek yaitu antar jemput orang sesuai tujuan. Namun pada perkembangannya, Grabbike akhirnya juga meluncurkan layanan kurir untuk pengiriman barang/dokumen yang bernama GrabExpress.

Sejak tanggal 22 November 2015, Grabbike meluncurkan layanan kurir yang disebut dengan GrabExpress. Seperti halnya Go-Send pada Gojek, GrabExpress ini melayani jasa antar dokumen/barang dalam kota. Jadi bagi anda yang sedang mencari alternatif jasa ekspedisi dalam kota, mungkin ini salah satu alternatifnya.

Dengan munculnya GrabExpress maka persaingan bisnis kurir semakin ketat, namun jika dilihat secara pasar maka pasar pengguna jasa kurir dalam kota ini masih sangat tinggi, kenapa demikian?

Pasar mana saja yang masih terbuka luas bagi para penyedia jasa kurir dalam kota ini? Selain masyarakat pada umumnya, maka ada segmen pasar yang sangat erat aktifitas dengan jasa kurir ini yaitu para pelaku bisnis online. 

Sebagaimana kita ketahui bahwa lalu lintas bisnis online di Indonesia mulai tumbuh sehingga dengan pertumbuhan bisnis online akan mendorong tumbuhnya juga jasa kurir. Bagi anda yang sering bertransaksi bisnis online tentu akan merasakan manfaat jika ada jasa kurir dalam kota yang harganya lebih ekonomis.


Lihat saja minat para pengguna jasa kurir antar dokumen ketika Gojek meluncurkan Go-Send dengan tarif Rp 10.000. Dengan tarif Rp 10.000 untuk pengiriman dokumen di Jakarta dirasa murah dan lebih ekonomis. Selain karena harganya dibawah harga jasa kurir lainnya ada pertimbangan lain yaitu soal kecepatan pengiriman barang. Dengan menggunakan jasa Go-Send, barang/dokumen akan terkirim ke alamat tujuan kurang dari 60 menit, sangat menarik.

Namun apa reaksinya ketika tarif Go-Send dari Gojek ini naik? Per November 2015 Gojek telah menaikan tarif layanan Go-Send yang semula tarif datar Rp 10.000 menjadi Rp 2.500/KM dengan tarif minimal Rp 15.000 di wilayah Jabodetabek dan tarif datar/flat di Bandung, Surabaya, Bali, Makasar sebesar Rp 15.000. 

Dengan kenaikan tarif Go-Send sebagai jasa kurir dalam kota tersebut ternyata banyak yang merasa berat dengan perubahan tersebut. Terutama bagi pelaku bisnis online khawatir akan memberatkan calon pembelinya sebab dalam jual beli bisnis online biaya pengiriman ditanggung pembeli, sehingga jika ongkos kirim barangnya naik akan menimbulkan potensi ke pembeli untuk mengurungkan niat belinya.


GrabExpress Sudah Hadir, Jasa Kurir Barang/Dokumen Saingan Go-Send Gojek, jasa kurir, kurir barang, kurir online
foto grabexpress


Lalu berapa tarif GrabExpress ini? Pada masa promo GrabExpress memberikan tarif flat yang sangat murah yaitu Rp 5.000. Tarif GrabExpress yang sangat murah ini tentu akan menarik minat para pencari jasa kurir Jakarta apalagi bagi mereka yang bertransaksi dalam bisnis online tentu akan sangat terbantu dengan tarif promo GrabExpress Rp 5.000 ini. Tarif promo ini berlaku sampai dengan tanggal 7 Desember 2015.

Apalagi bagi warga Jakarta yang penuh kemacetan, tarif promo GrabExpress ini bakal laku keras, daripada capek di jalan mending kirim melalui jasa kurir.

Dengan hadirnya GrabExpress ini apakah membuat Go-Send dari Gojek tersaingi? Kehadiran produk yang sejenis dalam wilayah/area layanan yang sama sudah pasti akan menimbulkan suasana kompetisi sebagaimana halnya saat Go-Send hadir pertama kalinya, maka para pelaku bisnis kurir dalam kota akan merasa ada kompetitor. Hadirnya kompetitor dalam dunia bisnis adalah hal yang wajar.

Bagaiamana cara masing-masing penyedia jasa kurir tersebut untuk memenangkan persaingan? Masing-masing pelaku bisnis kurir ini pastinya juga sudah punya strategi untuk merebut pasar. 

Pada dasarnya selama layanan yang diberikan bagus dan ramah dalam layanan serta harga yang terjangkau, maka penyedia jasa kurir seperti Go-Send dari Gojek serta GrabExpress ini akan terus diminati masyarakat.

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk mencobanya? Bagi anda yang ingin mencoba, anda dapat memesannya melalui aplikasi GrabTaxi. Jika dalam aplikasi anda belum ada menu GrabExpress, maka perbaharuilah dengan me-install ulang aplikasi Grabtaxi anda.


Baca juga : Lowongan GrabExpress


Selanjutnya coba cek apakah menu GrabExpress ini sudah muncul? Jika sudah, maka anda dapat memesan layanan GrabExpress ini dari ponsel anda. Selamat mencoba.



Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "GrabExpress Sudah Hadir, Jasa Kurir Barang/Dokumen Saingan Go-Send Gojek"

  1. Kalo mau daftar drver grabexpress

    BalasHapus
  2. mo daftar Grabbike domisili depok kpn di buka lagi ???

    BalasHapus