Membedah Ojek Argo, Ojek Online Baru, Bagi Siapa Saja & Dimana Saja, "Solusi Aplikasi Ojek Pangkalan?" (bagian 2/2)

Mengingat  artikel ini adalah tulisan lanjutan dari bagian pertama, maka jika anda belum membaca bagian pertama ada baiknya anda membaca bagian pertamanya terlebih dahulu agar lebih lengkap informasinya.



Baik, mari kita lanjutka tentang Ojek Argo ini.

Sistem Pembayaran
Sistem pembayaran setelah menyelesaikan order hanya dapat dilakukan secara tunai sama seperti pada ojek tradisional. Ojek Argo tidak menggunakan sistem kredit, semuanya dibayar tunai langsung dan hasilnya juga langsung menjadi milik driver.


Bagaimana Bentuk Seragam Ojek Argo?
Berbeda dengan ojek online lainnya yang senantiasa identik dengan seragam serta atribut ojek online tertentu, maka dalam operasional Ojek Argo ini tidak perlu seragam.

Saran saja mengingat Ojek Argo ini tidak memiliki seragam maka untuk meningkatkan kualitas layanan anda kepada konsumen, sebaiknya anda melengkapi diri anda sesuai dengan standard berkendara, misal dengan menggunakan helm SNI, menyiapkan jas hujan untuk penumpang, menyiapkan masker wajah dll sehingga penumpang merasa nyaman. 

 

ojek argo, ojek online, aplikasi ojek pangkalan

 
Atau juga dengan menambah identitas "Ojek Argo" di motor/jaket anda sehingga calon penumpang lebih yakin bahwa anda adalah bagian dari Ojek Argo.

Ingat bahwa dalam aplikasi Ojek Argo, calon penumpang diberi kebebasan dalam memilih calon drivernya, jadi buatlah penumpang senyaman mungkin sat menggunakan ojek anda.

 

Wilayah Operasi Ojek Argo
Wilayah operasi dari Ojek Argo ini seluruh wilayah Indonesia bahkan kalau mau bisa saja aplikasi Ojek Argo ini digunakan diluar Indonesia, namun hal itu tidk dilakukan dan memang diblock jika diakses dari luar Indonesia. Bagaimana mungkin seluruh Indonesia bisa menggunakan Ojek Argo ini padahal Gojek dan Grabbike saja masih terbatas wilayah operasionalnya? Hehe, inilah unik dan cerdiknya pihak penyedia Ojek Argo dalam melihat peluang dalam bisnis ojek online ini. 

Yang perlu kita ingat adalah bahwa Ojek Argo ini merupakan aplikasi pemesanan ojek secara online yang disediakan oleh pembuat/penyedia aplikasi Ojek Argo yang dengan aplikasi tersebut anda dapat mendaftar sebagai driver dengan persetujuan pihak Ojek Argo. Dimanapun domisili anda selama pihak Ojek Argo masih merasa perlu menambah keanggotannya di daerah domisili anda tersebut, maka anda bisa mendaftar. 

Dan ingat juga bahwa Ojek Argo tidak menyediakan jaket, helm atau masker seperti penyedia ojek online lainnya. Hal inilah yang nantinya membuat Ojek Argo lebih fleksibel dan bisa digunakan diwilayah Indonesia mana saja.

Semisal anda berlokasi di kota A, anda bisa daftar melalui aplikasi Ojek Argo, setelah itu anda sendirilah yang harus aktif dan meningkatkan kualitas layanan ojek anda. Jadi pihak Ojek Argo hanya menyediakan alat bantu/tools berupa aplikasi Ojek Argo agar anda dapat menerima pesanan ojek secara online tetapi Ojek Argo tidak memberikan fasilitas seperti ojek online lainnya.

Hal ini tentu berbeda dengan Gojek, Grabbike, Blujek, Ojek Syar'i, Ladyjek yang secara rutin mereka memberikan fasilitas kelengkapan berkendara, training serta asuransi kepada para mitra driver-nya.




Aplikasi Ojek Argo Nantinya Berbayar
Kedepannya setelah masa promo, maka setiap orang yang ingin menjadi driver di Ojek Argo akan dikenakan biaya sebesar Rp 250.000 per bulan. Jadi dari biaya itulah pihak Ojek Argo mendapatkan keuntungan. Kebayangkan jika 1000 orang mendaftar ke Ojek Argo, setiap bulan mereka akan mendapat penghasilan Rp 250 juta.

Jika melihat biaya aplikasi per bulan sebesar Rp250.000 bisa jadi akan berat dirasakan oleh para driver yang berada di kota-kota kecil mengingat pangsa pasarnya tidak sebanyak di kota-kota besar. 

Apalagi nanti jika aplikasi ojek pangkalan yang saat ini sedang dibuat sudah launching, maka Ojek Argo bisa jadi akan ditinggalkan jika aplikasi ojek online lainnya tersebut bisa lebih rendah biayanya atau bahkan mungkin gratis.


Kapan Ojek Argo Mulai Beroperasi ?
Rencana launching Ojek Argo adalah awal November 2015, sehingga pada bulan Oktober 2015 ini pihak Ojek Argo sedang melakukan perekrutan driver agar saat launching sudah siap pengemudinya.


Masa Promo
Launching Ojek Argo akan dilakukan pada awal November 2015 dengan masa promo selama 3 bulan sampai akhir Januari 2016.
 
Pada masa promo ini pihak Ojek Argo tidak mengenakan biaya sewa bulanan pada driver pengguna aplikasinya sampai akhir Januari 2016 dan akan mulai diberlakukan biaya bulanan mulai Februari 2016. Untuk anda yang ingin mencoba silakan mencoba dulu sebelum ada biaya bulanannya :)



Kantor Resmi Ojek Argo Dimana?
Sampai saat ini pihak Ojek Argo belum mengumumkan dimana kantor resminya, bisa jadi ini untuk menghindari massa yang menyerbu kesana mengingat bulan Oktober 2015 ini adalah masa perekrutan driver Ojek Argo atau memang kedepannya Ojek Argo ini hanya sebatas aplikasi yang digunakan untuk membantu seseorang menjadi driver ojek online tanpa membentuk perusahaan seperti Gojek/Grabbike.

Kita tunggu saja setelah launching November 2016 nanti. Dan untuk komunikasi/konfirmasi silakan melalui facebook Ojek Argo.
Untuk alamat email bisa melalui ojekargo@gmail.com. Untuk alamat facebook Ojek Argo ada disini.

Dari gambaran tentang Ojek Argo di atas rasanya anda sudah paham dimana letak perbedaan ojek online antara Ojek Argo dengan Gojek/Grabbike atau yang sejenisnya. Untuk meringkas perbedaan itu berikut ini poin-poin perbedaannya.
sumber


Dengan melihat profile Ojek Argo seperti di atas, maka aplikasi Ojek Argo ini sebenarnya sudah dapat digunakan sebagai aplikasi ojek pangkalan mengingat siapa saja dan dimana saja bisa menggunakannya tanpa harus ada kantor Ojek Argo di wilayah tersebut. 

Hal ini berbeda dengan Gojek, dimana dia menggelar layanannya maka disitu dia membuka kantor untuk mengurus para mitra-nya.



Alternatif Solusi Bagi Ojek Pangkalan
Mengingat Ojek Argo bisa digunakan siapa saja dan dimana saja (syarat dan ketentuan melalui persetujuan Ojek Argo), maka Ojek Argo ini sebenarnya  bisa menjadi alternatif solusi bagi ojek pangkalan yang juga ingin menerima pesanan ojek secara online. 

Dalam operasionalnya Ojek Argo tidak menggunakan seragam khusus dan bahkan sama seperti ojek tradisioanl pada umumnya. Jadi anda tetap bisa beroperasional sebagai ojek pangkalan dan juga bisa menjadi ojek online melalui Ojek Argo.

Namun ada hal yang mungkin masih dirasa berat terutama bagi mereka yang tinggal di kota-kota kecil yaitu adanya biaya sewa per bulan Rp 250ribu setelah masa promo habis. Apakah masih banyak yang berminat jika biaya sewa ini nanti benar-benar diterapkan? 



 
Baca juga : Cara daftar Ojek Argo

Jika anda ingin mencoba, silakan mencoba selama masa promo (November 2015 - Januari 2016) yang artinya anda tidak dikenakan biaya sewa aplikasi sebesar Rp 250ribu/bulan.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Membedah Ojek Argo, Ojek Online Baru, Bagi Siapa Saja & Dimana Saja, "Solusi Aplikasi Ojek Pangkalan?" (bagian 2/2)"

  1. sy sangat mendukung adnya ojek argo karna sangat membantu bagi ojek2 pangkalan.mudah2an aja bisa buming seperti ojek onlain lainya sehingga bisa membantu bagi mereka yg membutuhkan biaya hidup dan mengurangi pengangguran,untuk wilayah depok apa sudah banyak yg mendaptar sy juga sangat minat untuk bergabuung sy mengusulkan kalau sudah bnyak yg bergabung alngkah baiknya membuka kantor di setiap wilayah.sukses selalu ojek argo semoga bisa bersaing dengan ojek onlain lainya...mudah2an di wilayah depok banyak yg berminat menggunakan ojek argo.dan sy juga akan mengajak teman teman untuk bergabung.

    BalasHapus
  2. Ada koreksi mengenai biaya sewa bulananya, menurut managemennya, apabila dlm sebulan
    Penghasil : biaya sewa
    < 250.000 : Rp 0
    < 2.5000.000 : 10% dari pendapatan
    2.5jt keatas : Rp 250rb

    Pembayaran sewa aplikasi dilakukan diawal bulan berikutnya, dan tidak ada paksaan harus membayar, jadi jika tidak ingin membayar walaupun penghasilnnya 2.5jt keatas, tidak akan dipaksa, hanya aplikasinya tidak dapat digunakan. Jadi ibaratnya dikasih Trial 1 bulan selepas masa promosi.

    BalasHapus
  3. aplikasi ini bisa diterapkan untuk ojek mobil gak, kayak grabCar ?

    BalasHapus