Membedah Ojek Argo, Ojek Online Baru, Bagi Siapa Saja & Dimana Saja, "Solusi Aplikasi Ojek Pangkalan?" (bagian 1/2)

Sampai akhir tahun 2015 ini nampaknya bisnis ojek online masih terus bermunculan. Jika kemarin anda mendengar Gojek, Grabbike, Ojesy (ojek syar'i), Blujek dan Ladyjek maka akan ada beberapa ojek online baru yang nantinya bakal akrab di telinga anda.

Apakah anda sudah mendengar ojek TopJek? Bisa jadi TopJek sudah mulai akrab di telinga anda, karena beberapa media sudah mulai meliput pelaku bisnis ojek TopJek ini walaupun mereka belum launching sehingga anda sudah akrab mendengarnya. Bagaimana dengan yang lain?

Sudahkah anda mendengar ojek online GlobalJek atau Gejek? Atau ojek StarJek (Ojek-ku) ? Atau Ojek Argo ? Ya, nama-nama tersebut adalah nama ojek online yang saat ini sedang bersiap ikut meramaikan bisnis ojek online khususnya di ibukota Jakarta dan sekitarnya, bahkan ada yang menyediakan fasilitas ojek online ini untuk seluruh Indonesia. Wuiihhh..makin banyak ojek online neh.

Ojek Argo, Ojek Online Baru Bagi Siapa Saja Dan Dimana Saja

Bagaimana dengan Ojek Argo yang tadi disebutin? Ojek Argo disini maksudnya adalah merk dari ojek online yang baru, jadi bukan sekedar nama keterangan dari sebuah ojek online yang sekedar menerapkan sistem argo melalui bantuan GPS. Ya, nama merk-nya memang Ojek Argo. Dan sebagai informasi juga bahwa sudah ada ojek yang menerapkan sistem argo yang menggunakan mesin argometer seperti Jeger Taksi.
 
ojek argo, ojek online, gojek, aplikasi oejk pangkalan
 

Nah, kali ini kita akan membedah Ojek Argo.

Tujuan dibuatnya aplikasi Ojek Argo ini adalah untuk memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada siapa saja di seluruh Indonesia untuk dapat menikmati layanan ojek digital.

Ojek Argo yang dalam menentukan tarifnya berdasarkan jarak argometer yang dihitung melalui alat bantu GPS dengan tarif tertentu per meternya. Jadi untuk menetukan biaya per meter akan disesuaikan dengan jarak tempuh yang tercatat di perhitungan GPS Ojek Argo.

Ojek Argo memiliki misi yaitu memberikan layanan transportasi yang cepat, murah dan murah kepada para konsumen. Dan untuk tag line dari Ojek Argo ini adalah " Layanan ojek yang cepat, mudah dan murah".


Inilah hal-hal yang ditawarkan Ojek Argo serta parameter lain yang membuatnya berbeda dengan ojek online lainnya.

Privasi Penumpang
Di Ojek Argo, privasi penumpang sangat dijaga oleh pihak Ojek Argo. Jika anda ingin menggunakan ojek online yang satu ini sebagai penumpang, maka anda tidak perlu mendaftar dan memberikan data anda kepada Ojek Argo atau ke drivernya. Jadi anda tinggal download aplikasi Ojek Argo, kemudian install dan selanjutnya sudah bisa melakukan pemesanan ojek online melalui Ojek Argo. Lalu bagaimana untuk komunikasi antara driver dengan pelanggan?

Untuk melakukan komunikasi antara driver dan penumpang, pihak Ojek Argo sudah menyediakan fasilitas chatting di dalam aplikasinya, silakan anda melakukan komunikasi melalui chatting. Dengan demikian anda tidak perlu khawatir nomor anda disalahgunakan.


Penumpang Bebas Memilih Driver-nya
Nah ini juga salah satu fasilitas unik yang diberikan Ojek Argo yaitu fasilitas untuk memilih driver. Jadi anda sebagai penumpang dapat memilih sendiri pengemudi yang akan mengantarkan anda.

Adanya fasilitas ini memungkinkan anda untuk menggunakan driver ojek yang sama untuk aktifitas anda. Fasilitas memilih driver ini tentunya ada lebih dan kurangnya juga.

Lebihnya adalah penumpang akan merasa nyaman dengan driver pilihannya dan dengan adanya sistem memilih tersebut maka pengemudi juga harus memberikan pelayanan yang baik agar nantinya dapat orderan ulang dari penumpang tersebut.

Dan kekurangannya adalah sangat mungkin ada driver yang sepi order jika ia tidak dipilih oleh calon penumpang, tapi ini mungkin terjadi jika pelayanannya kurang bagus ke penumpang. Tentu saja kondisi ini tidak diharapkan oleh driver dan penumpang.


Harga sesuai argo
Kelebihan lain yang ditawarkan oleh Ojek Argo adalah penggunaan sistem argo digital berbasis GPS. Dengan menggunakan sistem argo berbasis GPS ini, maka penumpang saat memesan ojek tidak perlu dipusingkan dengan ketentuan harus memasukan data lokasi awal dan lokasi tujuan sebab tidak semua calon penumpang hafal dan tahu alamat lokasi awal dan lokasi tujuannya.

Nah dengan sistem argo ini, maka penumpang tinggal duduk menyebutkan tujuannya, misal mau ke gedung A, maka argo digital akan mendeteksi jarak selama perjalan dari lokasi awal dia naik sampai lokasi tujuan. Penumpang juga dapat melihat berjalannya argometer tersebut melalui smartphone.
 
Argo digital secara real time akan menghitung jarak tempuh berdasarkan jarak terdekat antara lokasi awal dan lokasi tujuan.
Tarif Ojek Argo
Tarif yang diberikan oleh Ojek Argo adalah Rp 3000/Km dengan minimum order sebesar Rp 10.000.


Bagaimana kalau jalur yang dipilih driver muter-muter?
Tidak semua orang hafal jalanan di Jakarta dan sekitarnya termasuk juga para driver. Dan ini memungkinkan driver akan menyusuri jalanan yang memang dia belum tahu daerah yang dituju oleh penumpang sehingga harus nanya sana-sini untuk sampai ke tempat tujuan sehingga menyebabkan argo bengkak. 

Tenang, pihak Ojek Argo sudah mengantisipasinya dengan membelakukan penghitungan jarak terdekat antara lokasi awal dan lokasi tujuan. Misal jarak A ke B sebenarnya secara normal dapat ditempuh dengan jarak 7 Km, tapi karena driver tidak hafal lokasi tujuan menjadikan jarak tempuh menjadi 9 Km, maka sistem Ojek Argo akan mencatat jarak sesungguhnya yang harus dibayar adalah sejauh 7 Km tersebut. Inilah salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh Ojek Argo ke konsumen.



Sistem On/Off Untuk driver
Maksud dari sistem on off disini adalah, bagi anda yang sudah menjadi driver Ojek Argo anda dapat menyesuaikan pekerjaan ojek online ini sesuai jadwal anda. Jika anda siap menarik pesanan maka anda tinggal login /masuk ke aplikasi Ojek Argo dan jika ingin istirahat maka anda bisa logout/keluar dari aplikasi.

Ingat bahwa di Ojek Argo calon penumpang bisa memilih driver yang dikehendaki. Nah jika anda sudah biasa menjadi langganan seseorang dan kebetulan anda sedang ada kesibukan lain sehingga belum bisa menerima order maka anda bisa logout dulu dari aplikasi. 

Sebab jika anda tidak logout, maka nama anda masih terpampang sebagai driver yang siap dipanggil saat itu yang artinya pula jangan sampai anda mengecewakan penumpang karena menolak menerima order. itulah manfaat dari aktifitas login dan logout dalam aplikasi Ojek Argo.

ojek argo, ojek online, gojek, aplikasi oejk pangkalan



Sistem Bagi Hasil
Hasil menyelesaikan order melalui Ojek Argo ini sepenuhnya dimiliki oleh driver, jadi tidak ada pembagian antara driver dan Ojek Argo. Lalu Ojek Argo mendapatkan pemasukan dari mana? Silakan baca artikel kedua untuk lebih tahu mengenai sumber pendapatan untuk Ojek Argo.



Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Membedah Ojek Argo, Ojek Online Baru, Bagi Siapa Saja & Dimana Saja, "Solusi Aplikasi Ojek Pangkalan?" (bagian 1/2)"

  1. Bila sudah terdaftar sebagai driver pada salah satu layanan ojek online lainnya, apakah masih bisa tetap mendaftar ojek argo...

    BalasHapus