Mengenal Blu Jek, Si Ojek Biru

Ojek online sedang menjadi trend di Jakarta. Setelah gojek dan grabbike meramaikan dunia per-ojekan, kini hadir ojek online yang baru yaitu BluJek. Blujek menggunakan warna biru sebagai warna dominannya, mirip-mirip namanya.

Kalau dilihat lebih detil, sebenarnya penamaan blujek ini tidak menggunakan huruf "e" pada kata blu yang berarti warna biru dalam bahasa Inggris, tapi hanya sebatas kata blu saja (tanpa huruf e). Namun karena secara pengucapannya sama yaitu blu, maka bayangan kita akan mengarah ke warna biru dan pas-lah dengan warna yang digunakan.

Selain itu, warna biru juga sudah memiliki harga tersendiri dalam bidang transportasi yang dikenal baik di masyarakat.

blu-jek, blujek
poto dari cellular.id


Pendiri Blujek
Blujek didirikan oleh Michael Manuhutu dan Garret Kartono. Menurut dua pendiri blujek tersebut, saat ini blujek masih bersifat self funding, namun tidak menutup kemungkinan menerima investasi. Pada permulaannya, mereka masih merencanakan untuk beroperasi secara lokal tapi kedepannya juga memiliki rencana untuk ekspansi secara internasional yang dimulai dari Asean seperti di Filipan atau Bangkok.

Menurut pendiri blujek, motivasi dalam mendirikan perusahaan ojek biru ini adalah bukan untuk saingan dari ojek online yang sudah ada atau sebagai pengekor, tapi untuk saling melengkapi dalam menyediakan transpotasi ojek serta membantu warga Jakarta dalam menambah penghasilan.

Kiri:Garet, kanan:Michael. Poto dari tekno.kompas
Kiri:Garet, kanan:Michael. Poto dari tekno.kompas


Warna biru yang digunakan sebagai warna dominan mengingatkan publik akan moda transportasi roda empat yang sudah melekat di masyarakat, iya bluebird. Banyak yang bertanya-tanya apakah blujek ini sebenarnya anak perusahaan bluebird? Atau mungkin bluebird sebagai penyandang dana utama? Dari pengakuan Michael Manuhutu dan Garret Kartono, blujek sama sekali tidak berhubungan dengan perusahaan taksi biru itu. Lalu kenapa ya blujek memilih warna biru yang identik dengan bluebird?


Moto Blujek
Jika gojek menggunakan moto "an ojek for every need" maka moto apa yang digunakan oleh blujek? Moto yang digunakan oleh si ojek biru ini adalah "The easy way". Bakalan seru nih, nampaknya masing-masing berusaha memberikan brand kemudahan dan kenyamanan jika menggunakan ojek yang mereka tawarkan. Tentu ini akan membuat konsumen semakin dimanjakan dengan kemudahan transportasi ojek.

Apa saja layanan blujek?
Untuk menggunakan layanan blujek mirip dengan ojek online gojek dan grabbike. Cara kerja dalam memesan blujek ini juga tidak berbeda dengan kedua ojek yang sudah ada. 

Konsumen harus menginstall terlebih dahulu aplikasi blujek dan selanjutnya bisa memesan layanan blujek. Blujek menggunakan istileh Rider sebagai driver ojeknya. Wuiihhh...keren sebutannya, Rider.

Layanan yang ditawarkan blujek ada empat layanan, yaitu Blu Rider, Blu Pick, Blu Shop dan Blu Menu
  • Blu Rider untuk layanan transport antar jemput orang
  • Blu Pick digunakan sebagai layanan jasa kurir pengantaran barang/dokumen
  • Blu Shop untuk jasa antar belanjaan 
  • Blu Menu sebagai jasa pembelian dan pengantaran makanan
Nah loh, sama banget dengan gojek ya untuk konsentrasi layananannya, beda nama hehe.


Baca juga cara daftar blujek

Atribut Blujek
Atribut yang digunakan para raider (sebutan driver blujek) adalah helm, jaket dan gadget. Untuk helm dan jaket masing-masing dominan warna biru yang diselingi dengan warna putih.

blujek, blu-jek
dari techo.okezone


Pada helm , warna dasar biru dan bagian belakang terdapat kata Blu-Jek yang didasari warna putih.

Untuk jaket juga menggunakan warna biru sebagai warna dasar dan putih sebagai selingan. Pada bagian belakang terdapat empat logo yang menggambarkan simbol layanan pada blujek.

Sistem Pembayaran Blujek
Dalam hal pembayaran, blujek bekerjasama dengan pihak bank Mandiri sebagai partnernya. Aplikasi pembayaran dengan bank Mandiri e-cash tersebut telah dirancang dengan sangat baik sehingga aman digunakan sebagai metode pembayaran. 

Untuk nomor telponnya menggunakan nomor dari Telkomsel dan pada ponselnya bekerja sama dengan ZTE. 


Ojek kuning saingan baru

Kapan blujek ini siap meluncur? Blujek sudah beroperasi mulau hari Jumat tanggal 18 September 2015. Berminta untuk mencoba blujek?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Blu Jek, Si Ojek Biru"

Poskan Komentar