Apa itu Gojek ?

Go-Jek adalah An Ojek For Every Need ?. Saat ini, bagi masyarakat yang tinggal di Jabodetabek dan beberapa kota lainnya, kata go-jek atau yang biasa dibaca gojek sudah semakin akrab di telinga,  banyak diperbincangkan di kantor-kantor, jalanan, saat kongkow ataupun di media sosial. Ya, gojek telah menjadi terobosan baru dalam memenuhi kebutuhan transportasi yang sangat fenomenal terutama di Jakarta. Tahu sendirilah gimana kondisi jalanan Jakarta yang super macet dibanding kota lain di Indonesia.




Apa sih Go-Jek (baca gojek)?
Go-Jek adalah perusahaan yang berjiwa sosial yang telah melakukan revolusi industri dalam transportasi ojek, nama lengkapnya adalah PT Go-Jek Indonesia. Konsentrasi  utama PT Go-Jek Indonesia sendiri sebenarnya adalah sebagai perusahaan teknologi lunak dimana produk utamanya saat ini adalah aplikasi Go-Jek yang banyak dipakai pengojek untuk menerima order penumpang ojek.




Baca juga : Layanan Untuk Belanja Go-Mart Dari Gojek
 


Hehe baru tahu ya kalau sebenarnya Go-Jek itu adalah juga nama perusahaannya sebab kalau yang selama ini melekat di masyarakat adalah gojek ya merk atau sebutan untuk layanan ojek yang lebih modern. Gimana ngga modern, mas-mas atau mba'-mba' gojeknya harus punya hp Android atau iOS untuk koordinasi orderan dari kantor dan juga untuk komunikasi ke penumpangnya. Semuanya telah terintegrasi dengan bagus dalam aplikasi Go-Jek.
 
gojek adalah

Melambungnya nama gojek tentu menimbulkan pertanyaan siapa sih yang mencetuskan ide gojek? Nadiem Makarim lah orangnya, pria lulusan dari Master of Business Administration Harvard Business School. Sebelum terjun ke gojek Nadiem Makarim bekerja sebagai Co-Founder dan  Managing Editor Zalora Indonesia serta Chief Innovation Officer Kartuku. Seringnya dia menggunakan jasa ojek dalam bekerja tersebut akhirnya menginspirasi untuk mendirikan gojek, selain itu ide gojek ini juga sejalan dengan tugas akhirnya saat sekolah di Harvard Business School.

Gojek dalam menjalankan bisnisnya bermitra dengan para pengojek di kota tempat ia menggelar bisnisnya. Misal untuk Jakarta maka ia bermitra dengan pengojek di Jakarta demikian pula untuk kota-kota lainnya. Kemitraan dengan sistem bagi hasil inilah yang selanjutnya menjadi alternatif  peningkatan ekonomi bagi kalangan menengah kebawah atau siapapun yang ingin bergabung dalam gojek. Untuk setiap selesainya order maka pengojek mendapat 80% dan pihak gojek 20% dari harga yang dikenakan ke penumpang. Wah, lumayan juga yak. Selain persentase tersebut, pihak gojek juga memberikan bonus bagi pengojek jika dapat menarik penumpang dalam jumlah minimal terntentu. Wuiihh, makin seru !!.

Dalam perkembangannya ada hal yang menarik dalam keanggotaan pengojek yang menjadi mitra gojek ini, artinya tidak hanya orang yang awalnya memang sudah berprofesi sebagai pengojek tapi ada profesi-profesi lain yang berbondong-bondong ikut mendaftar sebagai driver untuk gojek. Kenapa demikian? Ya karena sistem kemitraan yang dirasa menguntungkan dan juga fleksibilitas pengojek dalam menerima order yang menjadi alasan utama. Bagaimana tidak menarik lha ini juga bisa dijadikan pekerjaan sampingan bagi orang-orang yang sudah memiliki pekerjaan lainnya. Misal sambil berangkat ke tempat kerja sekalian mantengin aplikasi Go-Jek siapa tahu ada penumpang yang searah ke tempat kerja, lumayan buat ganti bensin. Atau bisa saat jam istirahat kerja. Hehe fleksibel bukan?

gojek adalah
  


Gojek sudah ada dimana saja? Saat ini gojek telah menggelar bisnisnya di lima tempat yaitu Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Bali dan terkahir dibuka di Makasar dan telah beroperasi mulai tanggal 8 Agustus 2015 lalu.

Gojek dalam menggelar bisnisnya ia menawarkan 4 layanan kepada pelanggannya yaitu layanan pengantaran barang (instant courier),  layanan angkutan (transport), belanja (shopping) dan layanan jasa kurir suatu perusahaan/korporasi (corporate) dengan menekankan pada kecepatan pelayanan, inovasi dan adanya interaksi sosial. Dengan melihat fokus layanan gojek tadi, maka gojek juga menjadi alternatif pilihan sebagai jasa ekspedisi dalam kota yang menarik untuk dicoba. Jadi bagi om/tante/mas/mba yang mau pesen makanan juga bisa delivery makanan menggunakan gojek ini. Sudah kebayangkan gimana orderan yang bakal diterima anggota gojek jika ia memang fokus kesitu?

Syarat untuk dapat bergabung dengan gojek adalah harus memiliki kendaraan sendiri dan SIM. Selain itu juga membawa ijazah sekolah terakhir atau buku nikah saat mendaftar untuk dijadikan jaminan ke pihak gojek. Untuk tahap akhir sebelum calon gojek resmi dapat menggunakan jaket gojek maka calon anggota gojek harus lulus tes yang diujikan termasuk pemeriksaan motor yang akan digunakan. Setelah administrasi pendaftaran komplit maka pelamar gojek akan mendapatkan satu set  perlengkapan yaitu hp android baru, jaket, helm, masker, penutup rambut. Hmmm menarik..

gojek adalah


Seragam gojek terdiri dari warna hijau terang yang dipadu dengan warna hitam dan ada tulisan Go-Jek. Warna helm didominasi warna hijau dengan tulisan Go-Jek dibagian belakang yang berwarna hitam. Seragam ini tampak mencolok saat berseliweran dijalanan sehingga sepintas saja orang akan mengenali bahwa itu gojek.

Standard pelayanan gojek saat akan mengantar penumpang adalah memberikan masker hidung, masker penutup rambut dan helm ke penumpang, setelah itu jalan ke tempat tujuan. Setelah order selesai, maka penumpang dapat memberikan penilaian/rating ke driver gojek dan rating tersebut mempengaruhi indek kerja pengojek bagi pihak gojek.

Cara pembayaran yang ditawarkan gojek dapat melalui uang tunai dan juga cashless dengan sistem Go-Jek Credit. Go-Jek Credit seperti kita menyimpan saldo dan jika telah selesai melakukan order maka saldo akan dipotong sesuai biaya yang dikenakan. Jika saldo habis maka bisa diisi ulang (top up).

Baca juga : Aplikasi Go-Busway Dari Gojek

Siapa yang dapat menggunaan layanan gojek? Siapa saja yang mengirimkan order melalui aplikasi Go-Jek. Jadi agar dapat mengirimkan order maka calon penumpang harus install aplikasi Go-Jek terlebih dahulu. Jika sudah install, maka dapat mengirimkan order untuk penggunaan layanan gojek ini. Penasaran? Silakan mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa itu Gojek ?"

Poskan Komentar